Deretan Misteri Kasus Hilangnya Pesawat

Deretan Misteri Kasus Hilangnya Pesawat

Ada beberapa kecelakaan transportasi udara yang sampai saat ini masih menjadi cerita misteri termasuk tragedi yang baru-baru ini menjadi berita yang kelam di media massa yaitu hilangnya pesawat Malaysia Airlines yang kabarnya hilang di wilayah perairan Vietnam yang seolah tanpa jejak. Berbagai spekulasi pun bermunculan terkait hilangnya Malaysia Airlines MH370.

Berikut beberapa kecelakaan pesawat yang masih menjadi cerita misteri sampai saat ini

Hilangnya pesawat Flight 19

Pesawat Flight 19 kala itu baru saja memulai misi pelatihan rutin untuk US Navy namun pelatihan pada hari itu berujung dengan lenyapnya enam pesawat di udara yang diperkirakan karena Segitiga Bermuda. Lima pesawat yang terbang pada 5 Desember 1945 itu tak pernah kembali atau bahkan melihat bangkai pesawatnya saja pun tidak pernah.

sebuah pesawat penyelamat yang berusaha mencari tim Taylor juga kemudian hilang di kegelapan malam. Banyak yang menduga bahwa pesawat tersebut meledak, tetapi tak ditemukan puing-puing ataupun jejaknya.

Sebenarnya, sebelum melakukan latihan, Taylor sempat minta dibebastugaskan dari latihan, sayangnya permintaannya ditolak, dan membuatnya harus berakhir dengan hilang secara misterius.

Kecelakaan pesawat Egypt Air 990

Misteri ini bermula pada 30 Oktober 1999 saat penerbangan Egypt Air 990 melintasi Samudera Atlantik namun harus mengalami kecelakaan dengan korban meninggal sebanyak 217 orang. Otoritas penerbangan sipil Mesir mencoba menyelidiki kecelakaan tersebut, mereka bahkan sempat meminta membawa kasus ini ke FBI atas dugaan adanya pembajakan. Banyak kejadian janggal yang sebenarnya dipertanyakan dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Saat kotak hitam dibuka, muncullah berbagai dugaan konspirasi atau sebuah langkah bunuh diri, akibat perdebatan pilot dan co-pilot yang sempat terekam.

Hilangnya pesawat Star Dust

Pesawat Star Dust melakukan perjalanan dari Buenos Aires menuju Santiago, Chilli. Anehnya, pesawat tersebut sempat menghilang sebelum mendarat. Pada saat-saat terakhirnya, operator radio pesawat sempat mengirimkan pesan berupa kode morse yang berbunyi “STENDEC”. Tak ada jejak Star Dust saat dicari di lokasi kecelakaan. Peneliti tak sanggup menyimpulkan apa yang sedang terjadi pada pesawat.

Lima puluh tahun kemudian, pejalan kaki menemukan reruntuhan pesawat di gletser yang mencair. Diperkirakan Star Dust terbang di ketinggian yang terlalu rendah dan menabrak lereng gunung. Namun, spekulasi lain datang dengan menyebut-nyebut bahwa Star Dust sempat diculik alien, dan mengirimkan pesan STENDEC yang hingga kini masih jadi misteri.

Hilangnya pesawat Tiger Flight 739

Pada tahun 1962 pasukan militer AS menyewa penerbangan Tiger 739 dari California ke Saigon, Vietnam. Setelah berhenti untuk mengisi bahan bakar di Guam, pesawat militer tersebut kembali terbang dan menghilang secara misterius. Padahal cuaca pada hari itu cerah. Setelah pencarian dilakukan, 107 penumpang pesawat dinyatakan tewas. Sampai saat ini Tiger Flight 739 tak pernah ditemukan dan masih menjadi cerita misteri.

Dibaca 2024 kali

Bagikan rasa takut kalian...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>