Gunung- Gunung di Pulau Jawa yang Berselimut Misteri

Gunung- Gunung di Pulau Jawa yang Berselimut Misteri

Di Indonesia khususnya Pulau Jawa memiliki banyak gunung yang terkenal karena misterinya yang masih banyak mengundang tanya sampai saat ini. Entah mitos yang dipercaya masyarakat secara turun temurun atau memang banyak dialami para pendaki saat menyambangi beberapa gunung di Pulau Jawa tersebut. Gunung sekaligus alam memang memiliki aura tersendiri.

Berikut Gunung-gunung di Pulau Jawa dengan sekelumit misteri

 Gunung Lawu

Gunung- Gunung di Pulau Jawa yang Berselimut Misteri

Gunung Lawu memiliki tiga puncak utama yang berselimut cerita misteri yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Haro Dumiling. Gunung Lawu menjadi tempat sakral bagi mitos Jawa. Hargo Dalem diyakini masyrakat setempat sebagai tempat pamoksan (tempat pertapaan) Prabu Brawijaya Pamungkas. Hargo Dumiling diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon, dan Hargo Dumilah sebuah tempat misterius yang sering digunakan sebagai olah batin dan meditasi.

Konon Gunung Lawu menjadi pusat kegiatan spiritual di ranah Jawa yang memiliki hubungan erat dengan budaya keraton. Siapa pun yang hendak mendaki Gunung Lawu harus memiliki pemahaman tentang wewaler atau peraturan-peraturan yang tidak boleh dilakukan di Gunung Lawu. Jika pantangan dilanggar maka pelaku akan bernasib naas.

Tempat penuh cerita misteri lainnya di Gunung Lawu adalah Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan (cakrasurya), dan Pringgadani.

Gunung Kelud

Gunung- Gunung di Pulau Jawa yang Berselimut Misteri

Nama Gunung Kelud berasal dari Jarwadhasak yaitu dari kata “ke” yaitu kebak yang berarti penuh dan “lud” yang berarti ludira yaitu darah. Pasalnya ketika Gunung Kelud meletus bisa merenggut banyak korban jiwa. Menurut masyarakat sekitar, Gunung Kelud dijaga oleh sepasang buaya putih yang konon merupakan jelmaan bidadari. Menurut cerita legenda yang beredar dahulu kala ada dua bidadari sedang mandi di telaga tersebut namun karena terlena kedua bidadari tersebut melakukan hubungan intim sejenis dan diketahui dewa dan dikutuklah kedua bidadari tersebut menjadi buaya.

Menurut sesepuh desa di lereng Gunung Kelud, jika ada korban saat letusan gunung tersebut maka sang korban sedang dikersakke (dikehendaki untuk meninggal). Bila laki-laki akan diperlakukan sebagai suami, sedangkan perempuan akan diangkat sebagai saudara. Jika Gunung Kelud akan meletus biasanya ada dua sorot terang masuk ke kawah disertai bayak burung gagak yang beterbangan.

Gunung Semeru

Gunung- Gunung di Pulau Jawa yang Berselimut Misteri

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di tanah Jawa yang memiliki banyak cerita misteri. Mulai dari banyaknya para pendaki yang tersesat di hutan tersebut walau sudah berulang kali mendaki Gunung Semeru. Dalam sebuah legenda Semeru diceritakan gunung tersebut terdapat dua buah arca kembar yang bernama Arcopodo. Keberadaan arca tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.  Bagi orang terpilih akan bisa melihat keberadaan arca kembar tersebut.

Gunung-gunung di Pulau Jawa memang masih berselimut misteri didekap oleh senyapnya alam puncak abadi para dewa. Masih ada beberapa gunung lagi dengan cerita misteri yang menarik untuk disimak.

Dibaca 7692 kali

Bagikan rasa takut kalian...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>