Keindahan Menara Eifel Dengan Kisah Tragisnya

Menara Eifel

Menara Eifel adalah landmark dari kota Paris yang dibangun 126 tahun yang lalu pada tahun 1889. Awalnya menara ini dibangun karena menjadi salah satu peserta mahakarya dunia yang digelar pada saat 100 tahun revolusi Negara Perancis.

Menara Eifel memiliki tinggi 312,27 meter, dan tinggi antenanya 324 meter, kokohnya menara ini terlihat dari bahan pembangunnya yaitu besi seberat 15000 ton, selain itu menara ini juga dinobatkan sebagai menara tertinggi di dunia.

Namun dibalik segala kemegahan yang dimiliki oleh Menara Eifel ini, terdapat kisah tragis yang menimpa Franz Reichelt yang merupakan penemu parasut. Kejadian tersebut berawal ketika is ingin menguji parasut penemuannya tersebut dengan terjun dari menara pada lantai 3 yang tigginya 276 meter.

Menara Eifel

Tapi sayang sekali, nasib tragis menimpa Frans Reichelt. Ia terjatuh di tanah yang pada saat itu sedang diselimuti oleh salju, ia sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun sayang sekali nyawanya tidak tertolong.

Sebelumnya seorang sahabat dari Frans sudah mengingatkannya untuk tidak melakukan uji coba tersebut, bahkan pihak yang memiliki otoritas disana juga sudah tidak mengizinkannya, tapi ia tetap saja bersikeras ingin melakukannya.

Apa mau dikata? nasi sudah jadi bubur, tetapi yang jelas pengorbanan dari uji coba Frans ini tidak sia-sia karena akhirnya rancangan parasut dari frans dikembangkan menjadi baju parasut yang sampai saat ini dipakai oleh para pilot dan awak pesawat.

Kisah tragis lainnya adalah pada saat zaman perang dunia II. Ketika Adolf Hitler, NAZI, Perancis ingin menaiki Menara Eifel untuk melihat pemandangan sekitar, lift di menara tersebut terputus karena dipotong oleh tentara Perancis. Menurut kabarnya, Hitler nekat untuk memanjat menara hingga sampai di puncaknya.

Dibaca 4517 kali

Bagikan rasa takut kalian...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>