Misteri Penunggu Kawah Gunung Kelud

40. Misteri Penunggu Kawah Gunung Kelud3

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang masih aktif, berlokasi di Jawa Timur. Memiliki ketinggian 1.731 mdpl diatas permukaan kaki. Untuk mencapainya dapat diakses dari Kabupaten Kediri. Gunung Kelud ini merupakan pariwisata Jawa TImur yang cukup populer.

Asal nama Gunung Kelud dari Jarwodhosok dari kata ke (kebak) dan lud (ludira). Hal tersebut memiliki arti bila murka, akan merenggut korban jiwa, meskipun tak berdosa sekalipun. Menurut kepercayaan, kawah gunung ini memiliki penjaga yakni sepasang buaya putih yang menjelma bidadari.

Ada legenda yang mengungkapkan, dua wanita yang merupakan sepasang kekasih (lesbi) sedang mandi. Karena terlena, dua bidadari tersebut melakukan hubungan intim yang biasa terjadi pada manusia modern saat ini. Perbuatan tersebut ternyata diketahui oleh dewa. Karena kesal dengan perbuatan yang dilakukan dua bidadari itu, sang dewa akhirnya mengutuk menjadi buaya, karena kelakukan yang dilakukan bidadari itu mirip perilaku buaya.

Gunung Kelud

Dewa memang penguasaja jagat raya, kata-kata yang diucapkan ampuh untuk mengutuk bidadari menjadi dua ekor buaya putih. Konon, sampai saat ini buaya putih tersebut adalah penuggu Gunung Kelud.

Letusan Gunung Kelud menelan korban sampai 10 ribu orang pada 1586. Saat kejadian 19 Mei 1919 memakan koraban 5.110 jiwa. Sedangkan letusan tahun 1966 212 jiwa meninggal, 74 hilang, dan 89 luka-luka.

Menurut sepupuh di Gunung Kelud ini, para korban sedang dikersakke oleh dua bidadari penuggu kawah. Jika laki-laki akan diperlakukan seperti suami dan jika perempuan akan diangkat saudara.

Kamu percaya dan berani mendaki Gunung Kelud?

Gunung Kelud

 

Dibaca 2813 kali

Bagikan rasa takut kalian...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>