Sejarah Asal Mula Zodiak

Sejarah Asal Mula Zodiak

Zodiak atau astrologi merupakan ilmu perbintangan yang menghubungkkan grakan benda-benda tata surya dengan karakter manusia. Tiap orang memiliki zodiak berdasarkan kedudukan tata surya pada tanggal kelahirannya. Zodiak berasal dari kata Zoodiacos Cyclos yang bermakna lingkaran hewan dengan lebar 18 derajat berpusat pada lingkaran ekliptika yang merujuk pada rasi bintang periode tersebut. Konsep ini bermula sejak peradaban Lembah Sungai Eufrat hanya dengan 6 rasi bintang (Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio) yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali bulan purnama pada bagian yang berurutan pada periode tersebut.

Apa saja 12 Rasi tersebut yang dijadikan zodiak?

Aries

Zodiak inilah yang pertama kali muncul yang dilambangkan domba jantan. Lambang domba jantan bertanduk emas dipercaya sebagai jelmaan Dewa Mesir Kuno bernama Amon. Kisahnya, domba jantan tersebut dikorbankan untuk menyelamatkan seorang pangeran, lalu Raja Zeus menempatkan domba tersebut ke atas langit sebagai bintang yang diberi nama Aries.

Taurus

Taurus berlambang banteng jantan yang merupakan jelmaan dari Dewa Zeus yang suka mengubah dirinya sebagai banteng yang kuat.

Gemini

Menurut astrologi Mesir, gemini dilambangkan dengan sepasang ayam jago kembar yang menurut mitologi Yunani dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus sang pendiri kota Roma. Menurut cerita, mereka yang berzodiak gemini berada dibawah naungan dua dewa (Castor dan Pollux).

Cancer

Cancer yang dilambangkan kepiting memiliki makna seekor makhluk yang sangat keras yang dihubungkan dengan Dewa Hercules sang putra Zeus.

Leo

Zodiak Leo dilambangkan dengan singa yang dihuungkan dengan Nemean seekor singa yang ditaklukkan Hercules.

Virgo

Virgo digambarkan sebagai seorang dewi yang kerap bertindak menjadi pelayan berparas cantik, berambut emas, berjubah putih, dan membawa seikat gandum. Menurut kepercayaan Babilonia kuno, gadis pelayan tersebut dianggap sebagai dewi kesuburan. Virgo berasal dari kata Virgin, yang artinya gadis perawan. bagi mereka yang berbintang virgo, mereka berada dibawah naungan Spica alias Alpha Virginis.

Libra

Kata Libra berasal dari bahasa Romawi kuno yang kerap dipakai sebagai ukuran berat. Sehingga, lambangnya cocok dengan timbangan.

Scorpio

Bagi yang berzodiak kalajengking, ada di bawah naungan dewa Antares atau Alpha Scorpii.
scorpio. Menurut legenda yunani, kalajengking inilah yang menjepit kuda-kuda milik Matahari dan anaknya, Paeton. Kuda-kuda itu kalah dan melarikan diri. jadi, kekuatan kalajengking melebihi kekuatan seekor kuda. Itu pula sebabnya, bagi mereka yang berzodiak kalajengking atau scorpio, digambarkan sebagai orang yang kuat, cerdas, dan pantang menyerah.

Sagitarius

Sang pemanah yang digambarkan menjadi lambang zodiak ini, wujudnya berupa campuran antara manusia dengan kuda. Sosoknya digambarkan dari pinggang sampai kepala berupa manusia yang akan membidik panahnya. Sedangkan dari pinggang ke bawah berupa tubuh seekor kuda.

Capricorn

Menurut ilmu rasi bintang capricorn adalah rasi yang tidak begitu dan hanya terlihat jelas dibulan Agustus.

Aquarius

Zodiak ke-11 ini hubungannya erat sekali dengan air. Bahkan, lambangnya pun melukiskan seorang manusia yang sedang menuangkan air (aqua) dari sungai.

Pisces

Zodiak ke-12 dan juga zodiak terakhir digambarkan sepasang ikan yang sedang berenang. Kedua ikan itu tidak berenang ke satu arah, tapi justru berlawanan arah. Satu melawan arus, satunya lagi mengikuti arus. Cerita ikan yang berlawanan arah itu berkaitan dengan Aphrodite si dewi cinta. Aphrodite bersama Eros, temannya, harus menyelamatkan Typhon, monster berbentuk campuran ular dan manusia dari serangan berbahaya. untuk menyelamatkan Typhon, Aphrodite dan Eros harus mengubah diri menjadi ikan. Typhon akhirnya selamat. Pisces itulah gambaran Aphrodite dan Eros.

Dibaca 1279 kali

Bagikan rasa takut kalian...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>